JURNAL LOKAKARYA PENGAJAR PRAKTIK ANGKATAN 4 POLEWALI MANDAR
✅LK.0. [Pengantar Lokakarya Perdana ]
Pengantar
Mengawali kegiatan Pendidikan Guru Penggerak, Peserta akan melaksanakan
kegiatan Lokakarya 0 atau Lokakarya Perdana. Kegiatan Lokakarya ini
merupakan proses belajar di Pendidikan Guru Penggerak dilakukan dengan
melibatkan ekosistem sekolah
Produk yang dihasilkan
- Peta harapan dan kekhawatiran peserta terkait program
- Komitmen aktor Calon Guru Penggerak dan Kepala Sekolah dalam proses transformasi sekolah
Tujuan Belajar
- Calon Guru Penggerak mengenal ekosistem belajar di PGP
- Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi dukungan yang diperlukan selama proses Pendidikan Guru Penggerak dan membuat rencana belajarnya
- Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang akan muncul saat program berlangsung
- Calon dapat mengidentifikasi fungsi dan peran fasilitator dan pendamping GP
Indikator Keberhasilan
- Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi dan menceritakan harapan, kekhawatiran selama program berlangsung
- Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi tantangan yang akan dihadapi dan dukungan yang bisa didapatkan
Agenda
- Pemaparan program pendidikan Guru Penggerak
- Perkenalan Calon Guru Penggerak dan Tim Pendukung
- Pemetaan harapan dan kekhawatiran
- Pembuatan rencana belajar Guru Penggerak dan dukungan yang bisa dilakukan oleh kepala sekolah
- Diskusi kesepakatan peran antara CGP dan KS sebagai komitmen bersama proses transformasi sekolah
Target Peserta
8 Calon Guru Penggerak
8 Kepala Sekolah Calon Guru Penggerak
Peran terlibat dan bentuk kelas
Peran Terlibat : P4TK sebagai penyelenggara
Bentuk kelas : Pulau - 4 kelompok meja dengan 5 kursi di setiap kelompok
✔sumber: LMS - Pembekalan PP Angkatan 4
LAPORAN
LOKAKARYA PERDANA
Assalamu'alaikum wr.wb. Selamat malam, salam sehat dan bahagia selalu.
Bapak Ibu PP, mohon izin saya sampaikan beberapa hal terkait pendampingan individu perdana (PI 0) dan lokakarya 1 (LK 1).
PI 0
1. Jadwal PI 0 dibuat oleh masing-masing PP dengan mengacu rentang waktu yang telah disampaikan pada surat undangan PI 0.
2. Dalam 1 hari pendampingan, PP hanya diizinkan melakukan pendampingan maksimal 2 CGP dengan waktu yang berbeda.
3. PI 0 wajib dilaksanakan selama 4 JP (setara dengan 3 jam) per CGP.
4. Saat PI 0, PP wajib membawa:
a. Surat tugas (diusahakan kolektif dari dinas; apabila tidak ada, silahkan dari instansi masing-masing PP);
b. SPPD (ditandangani sesuai format terlampir);
c. Daftar hadir (disiapkan sejumlah hari pendampingan dan diisikan oleh orang-orang yang terlibat di dalam PI 0, seperti CGP, kepala sekolah, rekan sejawat, dan siswa).
5. Seluruh pengeluaran perjalanan dan penginapan (hanya berlaku untuk PP yang berasal dari luar kab/kota sasaran) di dalam melaksanakan PI 0 akan kami gantikan, namun semua pengeluaran harus memiliki bukti.
6. Dalam melaksanakan PI 0, apabila masih terdapat kendaraan umum, maka tidak diperkenankan untuk menyewa. Namun apabila di daerah CGP tidak terdapat kendaraan umum dan memang harus menyewa kendaraan, maka PP harus dapat menunjukkan bukti kuitansi disertai fotokopi STNK dan nomor HP pengemudi.
7. Apabila PP tidak dapat menunjukkan bukti perjalanan, maka PP berhak mendapatkan transport lokal (dengan catatan CGP berasal dari sekolah yg berbeda dari PP; apabila CGP berasal dari sekolah yang sama dengan PP, maka PP tidak mendapatkan transport lokal).
8. PP yang berasal dari luar kab/kota sasaran, apabila tidak dapat menunjukkan bukti perjalanan, maka akan mendapatkan pengganti transportasi sesuai standar biaya minimal (SBM) yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan.
9. Untuk penginapan pada saat PI 0, yang dapat kami gantikan maksimal sebesar Rp 300.000 per malam (wajib dibuktikan dengan bill hotel).
LK 1
1. Yang harus dibawa PP pada saat LK 1:
a. Daftar hadir PI 0
b. Kuitansi rapid antigen beserta hasil rapid antigen
c. Surat tugas PI 0
d. Surat tugas LK 1
e. SPPD PI 0
f. SPPD LK 1
g. Bukti perjalanan PI 0 dan LK 1
f. Bukti penginapan (jika ada)
2. Yang harus dibawa CGP pada saat LK 1:
a. Kuitansi rapid antigen beserta hasil rapid antigen
c. Surat tugas LK 1
d. SPPD LK 1.
Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan.
Terima kasih dan selamat bertugas Bapak Ibu PP.. 🙏🏼
Semoga Bapak Ibu PP senantiasa diberikan kesehatan, kemudahan, dan kelancaran di dalam menjalankan setiap tugas. Aamiin. 🤲🏼🤲🏼
✅LK. 1 (LOKAKARYA 1)
Lokakarya 1
Waktu: Bulan ke-1
Tema: Guru Penggerak Masa Depan
CGP membuat tujuan pribadi, profil diri pasca program, kekuatan dan kelemahan diri, dukungan dan hambatan internal external, dan merumuskan rencana pengembangan diri
Output: Rencana Pengembangan Diri CGP
Pengantar
Di akhir bulan ke-1 kegiatan Pendidikan Guru Penggerak, Peserta akan melaksanakan kegiatan Lokakarya 2 . Pada kegiatan Lokakarya ini pendamping akan mendampingi CGP untuk membuat tujuan pribadi, profil diri pasca program, kekuatan dan kelemahan diri, dukungan dan hambatan internal external, dan merumuskan rencana pengembangan diri.
Produk yang dihasilkan
- Identifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak
- Evaluasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak
- Rencana pengembangan diri Calon Guru Penggerak
Tujuan Belajar
- Calon Guru Penggerak mampu memahami pentingnya mengembangkan diri
- Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan penerapan kompetensi Guru Penggerak dalam menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran
- Calon Guru Penggerak mampu mengidentifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak
- Calon Guru Penggerak mampu menjelaskan rencana pengembangan diri
Indikator Keberhasilan
- Calon Guru Penggerak dapat melakukan identifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak
- Calon Guru Penggerak dapat membuat rencana pengembangan diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak
Agenda
- Pembukaan
- Pengembangan Diri
- Kompetensi Guru Penggerak
- Posisi Diri
- Rencana Pengembangan Diri
- Penutupan
Peserta, peran terlibat dan bentuk kelas
Peserta
1 kelas berisi 15 Orang Calon Guru Penggerak
Peran Terlibat
1 kelas berisi 3 Pendamping
P4TK
Bentuk kelas
Bentuk kelas huruf U atau 1 lingkaran besar
Info Lanjutan Program Guru Penggerak Angkatan 4 tahun 2022
✅LK. 2 (LOKAKARYA 2)
Tema: Mengembangkan Komunitas Belajar
- Pemahaman materi filosofi komunitas, prinsip pengembangan komunitas, tahapan menggerakan komunitas, dan rencana pembuatan komunitas di sekolah.
Pengantar
Di akhir bulan ke-2 kegiatan Pendidikan Guru Penggerak, Peserta akan melaksanakan kegiatan Lokakarya 1. Pada kegiatan Lokakarya ini pendamping akan melihat sejauh mana pemahaman materi filosofi komunitas, prinsip pengembangan komunitas, tahapan menggerakan komunitas, dan rencana pembuatan komunitas di sekolah.
Produk yang dihasilkan
- Pemetaan aplikasi komunitas praktisi di sekolah masing-masing (manfaat, tantangan, peluang, cara)
- Pemetaan kelebihan dan kelemahan diri dalam menjalankan perannya sebagai guru penggerak untuk membuat komunitas praktisi
- Rencana menggerakan komunitas praktisi tahap merintis di sekolah masing-masing
Tujuan Belajar
- Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan manfaat berbagi dari diskusi komunitas praktisi
- Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi manfaat komunitas praktisi bagi sekolah masing-masing
- Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi tantangan dan peluang membuat komunitas praktisi
- Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan peranan guru penggerak dalam membuat komunitas praktisi
- Calon Guru Penggerak dapat menganalisa diri dalam menjalankan perannya sebagai guru penggerak untuk membuat komunitas praktisi
- Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan tahapan menggerakan komunitas praktisi
Indikator Keberhasilan
- Calon Guru Penggerak dapat memetakan manfaat komunitas praktisi di sekolahnya masing-masing
- Calon Guru Penggerak dapat memetakan tantangan dan peluang membuat komunitas praktisi di sekolah
- Calon Guru Penggerak dapat memetakan kelebihan dan kelemahan dirinya dalam menjalankan perannya sebagai guru penggerak untuk membuat komunitas praktisi
- Calon Guru Penggerak dapat merumuskan rencana pembuatan komunitas praktisi tahapan merintis di sekolah masing-masing
Agenda
- Mengalami diskusi komunitas praktisi
- Meneropong aplikasi komunitas praktisi
- Mengenal peran guru penggerak dalam membuat komunitas praktisi
- Menggerakkan komunitas praktisi
Peserta, peran terlibat
Peserta
1 kelas berisi 15 Orang Calon Guru Penggerak
Peran Terlibat
1 kelas berisi 3 Pendamping
P4TK
Jadwal & Ragkuman Sesi
Surat LK
✅LK. 3 (LOKAKARYA 3)
https://drive.google.com/drive/folders/1PKZKpSkeFUX6TM2gEdmWyLZjEhALUjc8
----------------------------------------------------------------
Yth. Bapak/Ibu Pengjab PGP Disdik beserta Operator.
Yth. Fasilitator beserta Pengajar praktik
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat Siang dan Salam Sejahtera Untuk Semua.
Berdasarkan kesepakatan di pertemuan PGP GTK, apa perubahan jadwal terkait lokakarya diangkatan 3 dan 4. Mohon informasi jika ada jadwal yang bersamaan dengan acara keagamaan yang tidak bisa diganggu dan harus reschejul jadwal. Berikut jadwal hasil kesepakatan nya:
Angkatan 3
Loka 6: 9 April
Loka 7: 14 Mei
Loka 8: 4 Juni
Loka 9: 25 Juni (mundur 2 minggu)
Angkatan 4
Loka 4: 16 April
Loka 5: 21 Mei
Loka 6: 18 Juni (LK 6-9 tetap)
Loka 7: 16 Juli
Loka 8: 6 Agustus
Loka 9: 27 Agustus
✅LK. 4 (LOKAKARYA 4)
Tujuan Belajar
Calon guru penggerak dapat mengaplikasikan tahapan coaching pada rekan sejawat dan dapat menyusun RPP yang mengutamakan diferensiasi murid
Indikator Keberhasilan
Calon guru penggerak dapat mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan strategi perbaikan diri dalam pengajaran yang berpihak pada murid
Calon guru penggerak dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dalam melakukan coaching
Calon guru penggerak dapat menyusun RPP yang mengutamakan diferensiasi murid
Agenda
Refleksi Komitmen
Pemetaan diri dalam pengajaran
Praktek coaching
Penyusunan RPP “Berpihak pada Murid”
Target Peserta dan Peran Terlibat
Target Peserta:
15 orang guru penggerak
Peran Terlibat:
Pendamping (3 orang)
Panitia dari Kemdikbud
Keterangan Tambahan
Sebelum Lokakarya 4 :
Membawa RPP dari tugas dari Modul 2.1 dan membawa dokumen aksi jangka pendek dari Lokakarya 3
Tugas Lokakarya 4 :
Penyusunan RPP “Berpihak pada Murid” dan penerapan di kelas, Penerapan strategi coaching di sekolah, dan umpan balik murid dan rekan sejawat
Modul >> LOKAKARYA 4
Kegiatan Lokakarya Guru Penggerak
Pelaksanaan program guru pengegerak telah melalui tahapan seleksi. Pengumuman peserta yang lolos guru penggerak direncanakan diumumkan oleh Kemdikbud pada tanggal 5 Oktober 2020. Perjalanan menjadi guru penggerak harus dilalui selama sembilan bulan. Perjalanan panjang ini meliputi beragam kegiatan, salah satunya adalah lokakarya. Pada lokakarya ini, guru penggerak didampingi oleh pendamping. Pendamping melakukan pendampingan individual. Adapun perjalanan pendidikan guru penggerak pada lokakarya selama 9 bulan sebagai berikut.
Lokakarya Perdana
Pada lokakarya ini, guru penggerak didampingi oleh pendamping. Pendamping melakukan pendampingan individual. Dalam perjalanan lokakarya ini materi yang dibahas berkaitan dengan refleksi filosofis pendidikan nasional, dan nilai-nilai dan peran guru penggerak.
Lokakarya ke-1
Lokakarya ke-1 menitikberatkan pada penguatan Komptensi Guru Penggerak. Materi atau modul yang dibahas pada lokakarya ini berkaitan dengan Visi Guru Penggerak, dan Budaya Positif.
Lokakarya-2
Lokakarya ke-2 pendidikan guru penggerak berkaitan dengan bagaimana kemampuan untuk menggerakkan komunitas praktisi program calon guru penggerak. Modula tau materi yang dibahas yaitu praktik pembelajaran yang berpihak pada murid, serta pembelajaran sosial dan emosional
Lokakarya ke-3
Lokakarya ke-3 pada bulan keempat tentang visi, misi, dan program sekolah yang berdampak pada murid. Modul ini membahas tentang pembelajaran sosial dan emosial, serta coaching.
Lokakarya ke-4
Materi pada lokakarya ini berkaitan dengan guru berpihak pada murid. Pada lokakarya ini membahas tentang pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, serta pemimpin dalam pengelolaan sumber daya.
Lokakarya ke-5
Materi lokakarya ke-5 berkaitan dengan refleksi komptensi calon guru penggerak. Materi yang difokuskan pada lokakarya-5 yaitu pemimpin dalam pengelolaan sumber daya , dan pengelolaan program yang berdampak pada murid
Lokakarya ke-6
Lokakarya ke-6 berkaitan dengan pengelolaan program yang berdampak pada murid.
Lokakarya ke-7
Materi dilokakarya ke-7 berkaitan dengan festival panen hasil belajar calon guru penggerak
Lokakarya ke-8
Fokus materi pada lokakarya ini adalah visi dan aksi sekolah yang berpihak kepada murid
Lokakarya ke-9
merupakan lokakarya penutup pada program pendidikan guru penggerak yang membahas tentang keberlanjutan program.
=== BACA JUGA ===
Post a Comment for "JURNAL LOKAKARYA PENGAJAR PRAKTIK ANGKATAN 4 POLEWALI MANDAR"
Terimakasih. saran dan kritik. salam LED Sulbar
Post a Comment