Lokakarya 8 : "Rencana Kerja" Program Guru Penggerak Angkatan 4 Polewali Mandar
Waktu: Bulan ke-8
Tema: Rencana Kerja
Refleksi panen hasil belajar, paparan RK CGP, Pembuatan RK CGP dan peta dukungan, Komunikasi RK pada sejawat dan KS, RTL
Output: RK1, Peta Dukungan, dan Strategi Komunikasi RK
Pemahaman bermakna
1. Rencana kerja Calon Guru Penggerak (CGP) untuk mengembangkan diri dan pengembangan program.
2. Strategi pelibatan warga sekolah dalam melaksanakan program yang berdampak pada murid
Pertanyaan Kunci
- Apa rencana kerja Calon Guru Penggerak untuk mengembangkan diri dan program sekolah yang berdampak pada murid selama satu tahun ke depan?
- Bagaimana strategi pelibatan warga sekolah untuk terlibat dalam program sekolah yang berdampak pada murid?
Produk
- Dokumen rencana kerja pengembangan diri
- Dokumen rencana kerja program sekolah yang berdampak pada murid
Tujuan:
- Peserta mengetahui dan berbagi perkembangan kompetensi Guru Penggerak
- Peserta mampu memetik pembelajaran (refleksi) dan merumuskan upaya perbaikan dari Kompetensi Guru Penggerak
- Peserta mampu membuat rencana pengembangan diri setelah pelatihan (1 tahun)
- Peserta mampu memiliki rencana pengembangan program sekolah yang berdampak pada murid (1 tahun)
- Peserta memiliki strategi pelibatan warga sekolah dalam program yang berdampak pada murid
Indikator Keberhasilan
- Peserta menghasilkan rencana kerja pengembangan diri
- Peserta menghasilkan rencana kerja pengembangan program
- Peserta memiliki strategi pelibatan warga sekolah
Agenda
- Pengantar lokakarya
- Dimana Saya sekarang?
- Ambi pelajaran, lakukan perbaikan!
- Rencana pengembangan diri
- Rencana pengembangan program
- Strategi pelibatan warga sekolah
- Penutup dan Tindak Lanjut
Tareget Peserta
41 Calon Guru Penggerak dan 10 Pengajar Praktik
KETERANGAN TAMBAHAN
- Saat pendampingan individu ke sekolah, ingatkan CGP untuk mengisi Daftar Kompetensi Guru Penggerak dan mengunggah ke LMS agar bisa dibahas di lokakarya 8.
- Selain itu, minta CGP membawa Visi, Misi, dan Program Sekolah yang dihasilkan pada lokakarya 3 atau yang paling baru, hasil lokakarya 6 dan 7, serta pemetaan sumber daya sekolah dari paket modul daring ke-3
Proses Aktivitas
Balai Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Barat Kemdikbudristek, menyelenggarakan Lokakarya 8 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 di Kabupaten Polewali Mandar pada hari Sabtu (12/11/2022).
Kegiatan dibuka secara resmi dan langsung oleh Kepala Balai GP Prov. Sulawesi Barat (Bapak Erfan Agus Munif) serta Pokja BGP Sulbar. dan turut juga hadir Kepala Seksi Disdikbud Kab. Polewali Mandar (Bapak Rusdi) mewakili kepala dinas dikbud Polewali Mandar.
Berlokasi kegiatan tersebut dikantor Dinas Pendidikan Polewali, hadiri oleh 41 orang Calon Guru Penggerak didampingi oleh 10 orang Pengajar Praktik serta Panitia Dinas.
Rangkaian kegiatan dalam program guru penggerak Angkatan 4 Kab. Polewali Mandar tahun 2022 sudah sampai pada tahap kegiatan lokakarya 8, adapun tema pada Kegiatan Lokakarya 8 ini yaitu Rencana Kerja, aktivitas yang dilakukan adalah perancangan program kerja pengembangan diri dan penyusunan program kerja sekolah yang berdampak pada peserta didik, kemudian memilih strategi dalam menghadapi faktor penghambat dan pendukung rancangan program. dimaknai oleh seluruh peserta sebagai wadah merenung, menggali dan menelisik kembali setiap rancangan program yang sudah dijalankan.
Guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran yang memajukan potensi murid secara holistik untuk mencapai pengembangan profil pelajar Pancasila. Dengan pembekalan yang sudah dilakukan melalui serangkaian lokakarya, kegiatan pelatihan, penyelesaian berbagai tugas di LMS, pembimbingan oleh pengajar praktik serta fasilitator dan instruktur menjadikan setiap calon guru penggerak mampu merencanakan program yang berdampak pada murid. Sebagai pemimpin pembelajaran harus bisa menelusuri visi dan misi agar terwujud dengan mengarahkan dan pemanfaatan sumber daya yang ada. Berbagai program perlu dilakukan dengan perencanaan yang baik, pengorganisasian, pelaksanaan serta pengawasan. Setiap program yang sudah diimplementasikan, pada akhirnya akan memunculkan refleksi serta rencana tindak lanjut secara berkelanjutan dan berkesinambungan untuk perbaikan secara terus menerus. Refleksi yang dilakukan pada berbagai bidang baik pada literasi, numerasi, kreativitas dan inovasi program-program yang berpihak kepada murid agar ke depan disiapkan lebih baik lagi.
- Memiliki visi dan misi yang jelas. Sehingga menjadi alat pencapaian tujuan.
- Meningkatkan pemahaman terhadap permasalahan yang ada. Untuk meningkatkan pemahaman tersebut dilakukan dengan menjadi pembelajar sepanjang hayat yang literasi.
- Penguasaan teknologi dan komunikasi perlu diperkuat baik secara mandiri maupun secara kolaborasi.
- Menambah kejelasan dan kemampuan melihat permasalahan dengan mampu membuat keputusan yang bertanggung jawab.
- Kelincahan baik dalam pemahaman, pengetahuan, dan kemampuan melakukan penelaahan terhadap permasalahan serta perkembangan yang terbarukan bisa menjadi sumber peningkatan kompetensi diri.
Aktivitas pembelajaran LK 8 dilaksanakan mulai pukul 09.00 s.d. 14.00 WITA, dengan kegiatan sebagai berikut:
Pengantar lokakarya
Pengantar lokakarya, meliputi kegiatan: Pembukaan dan Icebreaking, Penjelasan tujuan dan pembuatan kesepakatan kelas. Dan dilanjutkan Berbagi pembelajaran lokakarya 7
Dimana Saya sekarang? Meliputi Petakan posisi diri dan Berbagi cerita posisi diri
Ambil pelajaran, lakukan perbaikan! Meliputi Pengantar diskusi dan Diskusi Kelompok
Rencana pengembangan diri (Kompetensi) Meliputi Pengantar kegiatan dan Kerja Mandiri
Rencana pengembangan program : Pengantar Kegiatan, Kerja Mandiri serta Berbagi Hasil Rencana Kerja
Strategi pelibatan warga sekolah: Diskusi Strategi Pelibatan Warga Sekolah
Penutup dan Tindak Lanjut: Memetik Pembelajaran dan Evaluasi Lokakarya serta Kesimpulan dan Penutup
Ice Breaking
Dokumentasi
Gambaran siklus Rencana, Aksi, Refleksi
Pengantar Rencana Kerja Pengembangan Diri
1. Guru Penggerak dan Transformasi Perubahan
a. Siapa dan bagaimana perjalanan Guru Penggerak!
b. Guru Penggerak hadir untuk selalu berpihak kepada murid
c. Guru Penggerak adalah pembelajar seumur hidup
- Guru penggerak harus percaya bahwa semua orang guru sekaligus murid dan semua tempat dapat menjadi sumber belajar.
- Guru penggerak harus percaya bahwa untuk melakukan perubahan harus dimulai dari diri sendiri sehingga terus belajar dan melakukan perbaikan diri adalah langkah awal untuk melakukan perubahan pada lingkungan/ sekitarnya.
2. Menyusun Rencana Kerja Pengembangan Diri
- Rencana pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensi Guru Penggerak yang terdiri dari 4 kategori utama yaitu:
a. Mengembangkan diri dan orang lain yaitu terkait kompetensi untuk menunjukan praktik mengembangkan diri dengan kesadaran, mengembangkan kompetensi warga sekolah agar lebih berdampak pada murid, berpartisipasi aktif untuk pengembangan karir dan menunjukan kematangan serta berperilaku sesuai dengan kode etik pendidik.
b. Memimpin Pelajaran yaitu terkait kompetensi untuk membagun lingkungan belajar yang berpusat pada murid, memimpin perencanaan dan pelaksanaan yang berpusat pada murid, memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid serta melibatkan orang tua sebagai Pengajar Praktik dan sumber belajar murid.
c. Memimpin Pengembangan Sekolah yaitu terkait kompetensi untuk memimpin pengembangan sekolah untuk mengoptimalkan proses belajar murid dan relevan dengan komunitas sekolah serta melibatkan orang tua dan komunitas dalam pengembangan sekolah.
d. Memimpin Manajemen Sekolah yaitu terkait kompetensi untuk memimpin upaya mewujudkan visi sekolah menjadi budaya belajar yang berpihak pada murid dan mengelola program sekolah yang berdampak pada murid.
- Rencana kerja yang disusun haruslah mencerminkan prinsip SMART seperti penjelasan di bawah ini:
a. Specific (jelas)
- Kegiatan atau aktivitas yang dilakukan perlu jelas “apa dan bagaimana hal tersebut dilakukan!”
- Jika melibatkan banyak orang, maka penafsiran aktivitas sama bagi siapapun.
b. Measurable (dapat diukur)
- Semua yang terlibat paham bahwa tujuan telah tercapai atau tidak
- Jelas kuantitas, kualitas, frekuensi, waktu, dan lainnya.
c. Achievable (dapat dicapai)
- Apakah realistis dilakukan?
- Apakah orang-orang yang berkomitmen memiliki pengalaman, pengetahuan, dan kemampuan untuk melaksanakan target yang dicapai?
d. Relevant (tujuan untuk murid)
- Apakah aktivitas atau kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan visi besar yang dirumuskan yakni sekolah yang berpihak kepada murid
e. Time Oriented (target waktu)
- Masing-masing pihak yang berkomitmen memiliki target waktu penyelesaian yang jelas.
Daftar Istilah
Aksi: Kesediaan seseorang untuk melakukan perubahan atau tindakan untuk mencapai tujuan bersama
Misi: Pernyataan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai visi.
Refleksi: Proses merenungkan dan memetik pembelajaran terhadap suatu peristiwa atau kegiatan agar dapat dilakukan perbaikan pada masa yang akan datang.
SMART : Singkatan dari: Specific (jelas), Measurable (dapat diukur), Achievable (dapat dicapai), Relevant (sesuai/terkait), Time Oriented (tenggat waktu yang jelas)
Visi: Tujuan, harapan besar, cita-cita bersama yang sungguh-sungguh ingin dicapai dengan segenap usaha dan sumber daya.
DOKUMENTASI LOKAKARYA 8
CATATAN HASIL
LOKAKARYA 8
(12 NOVEMBER 2022)
PPGP Angkatan 4 Kab. Polewali Mandar
Tema: Rencana Kerja
Lokasi: Kantor Dinas Pendidikan
1. Peserta
Peserta Lokakarya 8 (Sabtu, 12 November 2022) adalah PP dan CGP 4 orang:
a. Fitriani (Sekolah SD NEGERI 003 LAMPA)
b. Nurhasyim (Sekolah SD NEGERI 055 KANDEAPI)
c. Rahmat Prayitno Rasyid (Sekolah SD NEGERI 012 TUBBI)
d. Muhiddin (Sekolah SMP NEGERI 3 MAPILLI)
2. Aktivitas pembelajaran
Aktivitas pembelajaran LK 8 dilaksanakan mulai pukul 09.00 s.d. 14.00 WITA, dengan kegiatan sebagai berikut:
- Pengantar lokakarya, meliputi kegiatan: Pembukaan dan Icebreaking, Penjelasan tujuan dan pembuatan kesepakatan kelas. Dan dilanjutkan Berbagi pembelajaran lokakarya 7
- Dimana Saya sekarang? Meliputi Petakan posisi diri dan Berbagi cerita posisi diri
- Ambil pelajaran, lakukan perbaikan! Meliputi Pengantar diskusi dan Diskusi Kelompok
- Rencana pengembangan diri (Kompetensi) Meliputi Pengantar kegiatan dan Kerja Mandiri
- Rencana pengembangan program : Pengantar Kegiatan, Kerja Mandiri serta Berbagi Hasil Rencana Kerja
- Strategi pelibatan warga sekolah: Diskusi Strategi Pelibatan Warga Sekolah
- Penutup dan Tindak Lanjut: Memetik Pembelajaran dan Evaluasi Lokakarya serta Kesimpulan dan Penutup
- Dokumen rencana kerja pengembangan diri
- Dokumen rencana kerja program sekolah yang berdampak pada murid
a. Peserta mengetahui dan berbagi perkembangan kompetensi Guru Penggerak
b. Peserta mampu memetik pembelajaran (refleksi) dan merumuskan upaya perbaikan dari Kompetensi Guru Penggerak
c. Peserta mampu membuat rencana pengembangan diri setelah pelatihan (1 tahun)
d. Peserta mampu memiliki rencana pengembangan program sekolah yang berdampak pada murid (1 tahun)
e. Peserta memiliki strategi pelibatan warga sekolah dalam program yang berdampak pada murid
4. Ketercapaian Tujuan Belajar
Pelaksanaan Lokakrya 8 telah mencapai tujuan belajar karena telah memenuhi Indikator keberhasilan sebagai berikut:
- Peserta menghasilkan rencana kerja pengembangan diri
- Peserta menghasilkan rencana kerja pengembangan program
- Peserta memiliki strategi pelibatan warga sekolah
a. Kesimpulan:
Lokakarya 8 atau Rencana Kerja berjalan dengan sangat baik dan lancar serta tertib karena peserta terlibat secara aktif pada semua sesi kegiatan
b. Refleksi
Hal yang sudah baik dalam kegiatan ini adalah semangat berbagi dan berkolaborasi dari semua CGP sangat baik. CGP mengikuti rangkaian kegiatan dengan baik tetapi tetap menjaga solidiritas komunitas ini.
https://www.ledsulbar.id/2022/11/lokakarya-8-rencana-kerja-program-guru.html
https://drive.google.com/drive/folders/17kP5UPjUxGidlcCMPa_eqJ2yF1r_zr23?usp=sharing
Polewali, 13 November 2022
Pengajar Praktik,
M.ILHAM
Post a Comment for "Lokakarya 8 : "Rencana Kerja" Program Guru Penggerak Angkatan 4 Polewali Mandar"
Terimakasih. saran dan kritik. salam LED Sulbar
Post a Comment