Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadirkan 100 Guru Kreator Konten, Guru Siap Bertransformasi Digital



    Mamuju - Maleo Hotel, 11 - 13 OKtober 2024. Balai Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Barat (BGP Sulbar) melaksanakan kegiatan Workshop Pembuatan Konten Media Sosial yang Edukatif bagi Guru dan Tenaga Kependidikan. Peserta kegiatan ini adalah 100 guru kreator konten dari 6 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Barat yang telah mendaftar dan lolos seleksi. Hadir sebagai narasumber adalah Guru Kreator Konten Indonesia yaitu, Kang Ramlan (Bongkar Visual), Mas Fafa (Guru TK) serta bu Linda (Dutek)

    Pembukaan Melalui zoom meeting, Kepala Balai Guru Penggerak Sulbar Erfan Agus Munif menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang telah hadir.
    “Ini merupakan hasil seleksi. Bapak/ibu telah mengirimkan portofolionya. Jadi ini menjadi bagian dari proses seleksi,” ucapnya.
    Lanjut Erfan, Workshop Pembuatan Konten Kreator Media Sosial Edukatif Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan yang dilaksanakan BGP Sulbar, bukan hanya dengan membuat konten ingin menghasilkan rupiah. Tapi yang paling utama adalah bapak/ibu guru nanti menjadi konten kreator yang mampu berbagi praktik-praktik baik edukatif.
    “Konten itu adalah isi, kreator itu adalah kreasi ya, jadi orang yang menghasilkan sebuah konten. Jadi bagaimana kita menyampaikan pesan-pesan itu menjadi penting,” tutur Erfan.
    informasi yang hari ini memenuhi dunia internet, misalnya facebook, tiktok, instagram, youtube, itu menjadi kanal utama masyarakat untuk mendapatkan informasi.
    “Sehingga diharapkan bapak/ibu guru ini bisa menghasilkan konten-konten yang edukatif dan berkualitas,” harap Erfan Agus Munif.
    Selanjutnya, Sementara itu, Kang Ramlan  salah satu konten kreator dari Bandung menyampaikan kiat-kiat dalam membuat konten. Salah satunya adalah dengan mencari ide konten serta membuat scrip atau membuat struktur konten.












    “Serta fokusin satu hari untuk syuting video. Di satu hari itu tidak hanya buat satu konten saja, tapi beberapa konten. Nah kita bisa ngupload seminggu ke depan itu, diupload nyicil dua kali sehari atau tiga kali sehari. Nah sisanya di hari itu, kita sambil nyari ide konten lagi sambil tulis script lagi. Itu aja terus, berulang,” kata Ramlan yang memiliki akun IG bongkarvisual ini.
    Ramlan menyarankan, untuk pembuatan konten bagi kalangan guru-guru adalah konten yang bersifat edukasi. Baik itu edukasi pelajaran yang ia kuasai, atau pelajaran yang mereka senangi. “Yang dikuasai, disenangi, dan ada marketnya, itu aja sih,” ucapnya. Beliau berpesan, tetaplah belajar dalam membuat konten dan tetap berusaha buat konten. “Karena siapa tahu kesuksesan kita sisa satu. Di sana kita harus benar-benar konsisten. Harus fokus pada tujuan. Tujuannya apa nih. Apakah mau viral aja, mau jadi siapa. Itu harus ditunjukkan diawal,” tutur Ramlan.

    Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menciptakan dan menyebarkan informasi edukatif melalui berbagai platform digital. Hasil dari kegiatan ini yaitu terbentuknya komunitas guru guru kreator konten di Provinsi Sulawesi Barat yang diharapkan dapat membantu BGP Sulawesi Barat dalam menyebarkan informasi terbaru terkait 12 program prioritas Ditjen GTK. (M.I)

    #bgpsulbar #gurukreatorkonten #merdekabelajar #malaqbiq

    Related Posts

    Post a Comment for "Hadirkan 100 Guru Kreator Konten, Guru Siap Bertransformasi Digital"